Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Randytha

Female, 25 years

Bandung, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

Navbar Bawah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 01 Januari 2014

Tips Hidup sehat

Hidup yg serba moderen saat ini membuat kita mudah terlanda “penyakit”. Baik penyakit dari kekebalan tubuh sendiri maupun pemakaian obat-obatan dan kimia berlebihan didalam tubuh atau penyakit yg ditimbulkan dari sekitar kita. Yah, memang begitulah kehidupan zaman sekarang. Kalau sakit minum obat, nah obat yg diminum pun berpotensi menimbulkan penyakit lain lagi. Jadi suka serbasalah, ga mau minum obat tapi nanti ga sembuh-sembuh, minum obat malah obatnya berpotensi mempengaruhi penyakit lain. Seperti buah simalakama jadinya.
Sudah bukan rahasia lagi sebenarnya tubuh kita mempunyai sistem kekebalan yang mampu melindungi badan dari serangan penyakit apapun. Itu kalau sistemnya bekerja! Kadang-kadang suka ngadat loh… Kalau sudah begitu, ya apa boleh buat! Kita terpaksa berobat dan lagi-lagi dilema. Jadi mesti apa dong?

Tips Mudah Untuk Hidup Sehat

1. Kenali diri anda

Kita harus mengenali diri sendiri baik secara fisik maupun kejiwaan, karena disinilah kunci dari hidup sehat. Dengan mengenali diri sendiri, kita dapat mengetahui kelemahan fisik tubuh kita, lalu dapat memutuskan apa yang boleh dilakukan bagi tubuh, dan apa yang tidak.

Contohnya orang yg tanpa disadari telah keenakan menyantap makanan asin dan berlemak secara berlebihan, tiba-tiba merasakan tubuhnya berubah, seperti merasa pusing, keseimbangan tubuh berkurang, sering merasakan aneka gejala tidak enak badan. Lalu diapun pergi periksa ke dokter, dan baru diketahuinya bahwa tubuhnya mulai mengidap “penyakit” tekanan darah tinggi. Sejak mengetahui adanya penyakit didalam tubuhnya, iapun berusaha sungguh-sungguh untuk mengurangi makanan asin dan berlemak, sambil melakukan olahraga ringan secara teratur, maka “penyakit”-nya itupun tidak mudah kumat, dan ia tidak perlu sering pergi ke dokter lagi. Jadi memang kita mesti mengenali diri agar bisa merubah yg buruk menjadi baik.

2. Tidak terburu-buru merasa sakit

Hanya karena bersin, batuk, atau agak demam, orang langsung memutuskan untuk minum obat. Ga sedikit juga orang yg merekomendasikan untuk melakukan hal itu ketika melihat orang lain melakukan hal itu. Padahal bila dibiarkan saja tiga hari, gejala sakit itu hilang sendiri. Tubuh memang mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan sendiri. Hanya dengan beristirahat cukup, gejala sakit itu sudah hilang sendiri. Gejala pusing kadang bahkan dapat hilang hanya karena menghirup udara segar di taman yang tidak tercemar udara knalpot.

Gejala batuk dan bersin memang merupakan tanda serius juga, bahwa tubuh sedang berusaha mengeluarkan kuman penyakit dari saluran pernapasan. Demam berkeringat merupakan tanda tubuh sedang melawan serangan kuman. Biarkan tubuh untuk beradaptasi dan mengatasinya. Kecuali setelah 3-4 hari. Kalau masih kurang, ya langsung ke dokter. jangan langsung main minum obat aja.

3. Mengusahakan variasi makanan sehari-hari

Melakukan variasi makanan, berangkat dari asumsi bahwa bahan makanan tertentu lebih bermanfaat daripada jenis makanan biasa dimakan sehari-hari. Kalau ini kita pakai sebagai selingan bagi jenis makanan sehari-hari, maka kedua kelompok bahan itu dapat saling melengkapi. Jadi semacam perbaikan gizi lah biar tubuh sehat mendapat nutrisi yg lengkap. Bila kita terbiasa makan daging ayam dan sapi, sebaiknya mengubah kebiasaan itu, dan sekali-sekali makan ikan segar, tempe, dan tahu sebagai selingan. Bahan ini mempunyai kadar lemak tak jenuh yang banyak, dan berpotensi mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Sebaliknya, kalau kita terbiasa makan ikan, tempe, dan tahu telur saja sehari-hari, pada suatu kesempatan makan santapan istimewa pada kondangan teman atau arisan keluarga besar, ambil saja daging ayam atau sapi. Protein daging hewan berperan mempertahankan laju pertumbuhan tubuh dan mengganti sel-sel jaringan yang rusak. Jadi variasikan makanan, kecenderungan dan gaya hidup saat ini memang membuat orang suka malas berganti-ganti makanan. Malah tak sedikit yg selalu memesan makanan yg sama bila sedang makan diluar karena dia memiliki ketidaksukaan akan suatu jenis makanan. Ubahlah kebiasaan makanan dengan cara memakan makanan yg lebih bervariasi tapi khusus makanan yg menyehatkan ya.

4. Menyesuaikan konsumsi dengan tingkatan umur

Jumlah zat gizi yang diperlukan tubuh berbeda-beda bergantung pada umur anda, jenis rutinitas, dan kondisi tubuh (dalam keadaan sakit atau sehat). Pada anak-anak dan remaja yang sedang giat-giatnya tumbuh, kelima unsur dalam makanan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta air) sangat diperlukan, sehingga tidak perlu dibatasi asumsinya.

Sebaliknya, pada orang dewasa dan lanjut usia, pembatasan itu keharusan. Karbohidrat dan lemak sebagai penghasil energi harus dikurangi jumlahnya, mengingat kegiatan fisik mereka sudah menurun. Kurangi porsi nasi dan makanan berminyak. Sebaiknya vitamin dan mineral serta air justru harus dimakan lebih banyak. Zat-zat ini sangat perlu untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh, dan meningkatkan daya tahannya. Hanya perlu diingat bahwa yang paling baik ialah memakai vitamin alamiah, seperti yang terkandung dalam buah dan sayuran segar. Sedangkan air yang diminum harus yang steril, aman dari kuman, seperti air mineral yang benar memenuhi syarat sebagai air mineral. Lebih kurang 60% dari bobot badan kita berupa air atau cairan. Itu berarti kita harus minum air lebih banyak daripada unsur makanan yang lain.

5. Berolahraga secara teratur sesuai kemampuan

Berolahraga bertujuan memperlancar peredaran darah, dan mempercepat penyebaran impuls urat saraf ke bagian tubuh atau sebaliknya, sehingga tubuh senantiasa bugar. Banyak orang berpendapat, tanpa olahraga pun kita sebenarnya juga sudah bergerak badan mirip olahraga, kalau melakukan pekerjaan fisik sehari-hari seperti menyapu lantai, membersihkan rumah, mencuci, dan menjemur pakaian. Tetapi apakah “olahraga” semacam ini dapat kita lakukan secara teratur dan berkesinambungan?

Diperlukan kemauan yang kuat, berdasarkan keyakinan bahwa olahraga itu mutlak perlu agar badan tetap bugar, karena peredaran darah diperlancar tadi. Pada gilirannya ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Para penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, infeksi paru-paru, dan kencing manis, hendaknya berkonsultasi ke dokter dulu untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok. Biasanya olahraga yang intensitasnya rendah dan dilakukan tidak terlalu lama.

Jadi olahraga itu dilakukan secara teratur untuk bisa hidup lebih sehat, sesuai kemampuan dan kebutuhan. Jangan malas, ayo cari tau olahraga apa yg cocok untuk diri dan jangan hanya melakukan olahraga favorit saja. Ada banyak jenis olahraga yg cocok untuk masing-masing orang yg belum pernah Anda coba sebelumnya.

6. Selalu menjaga kebersihan

Lingkungan bersih di rumah, halaman, dan kompleks hunian memberi suasana segar dan nyaman. Sebuah penelitian di amerika Serikat menunjukkan bahwa kelompok rumah yang mempunyai halaman dan lingkungan tertata baik, hijau, dan asri, mempunyai persentase kesehatan penghuninya jauh lebih baik daripada kelompok rumah miskin tanaman.

Lingkungan bersih membuat tubuh kita juga bersih, baik jasmani maupun rohani. Kondisi ini mampu mencegah penyakit jasmani seperti infeksi kulit, alergi debu, flu, bronkitis, dan “penyakit” rohani seperti stres, frustrasi dan depresi, biang kerok menurunnya sistem kekebalan tubuh.

7. Meluangkan waktu untuk bersantai tapi tidak setiap saat

Meluangkan waktu tidak berarti minta istirahat lebih banyak daripada bekerja. Tidak! Meluangkan waktu untuk istirahat itu sebentar saja, dan ini perlu, untuk setel kendor sejenak di antara ketegangan jam sibuk bekerja sehari-hari. Ini perlu dilakukan secara rutin. Bersantai juga tidak berarti harus melakukan rekreasi yang melelahkan atau menonton tv berjam-jam tetapi cukup berkumpul membicarakan masalah keseharian dengan rekan sekantor, tetangga atau keluarga di rumah. Bukan tidak mungkin, mereka dapat membantu memecahkan masalah, atau setidak-tidaknya meringankan beban pikiran. Bersantai seorang diri dengan merenung dan mawas diri juga perlu. Makin sering dan rutin ini dilakukan, makin bagus keseimbangan jiwa kita. Tidur nyaman juga bentuk bersantai seorang diri. Stamina akan pulih dengan cepat, dan keseimbangan hormon dalam tubuh juga cepat tercapai. Tubuh letih dan pikiran kusut kalau dibiarkan berkepanjangan (sampai dibawa ke kamar tidur), akan menurunkan daya kerja sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya memudahkan serangan penyakit untuk datang atau kambuh.

8. Back to nature

Trend pada awal dekade 1990-an di negeri Barat ini dilandasi pengalaman bahwa gaya hidup pada zaman modern mendorong orang mengubah kebiasaan makan, seperti misalnya lebih sering menyantap makanan kalengan, sambal botolan, atau buah awetan. Juga jarang bergerak badan karena kemudahan memakai alat bantu rumah tangga, seperti mencuci pakaian dengan mesin cuci, menyapu lantai dengan penyedot debu, bepergian dengan kendaraan, padahal cuma dekat dan lebih sehat dilakukan dengan jalan kaki. Tubuh kita jadi manja, karena jarang bergerak, sehingga mudah sakit karena lembek.

Jadi sebaiknya kita harus back to nature atau kembali ke kehidupan natural. Seringlah berjalan kaki, latihan rutin dengan menggerakkan badan, dan selesaikan pekerjaan rumah dengan tidak sering memakai alat bantu hasil teknologi modern yang membuat orang jadi lembek. Kurangi makanan kalengan atau cepat saji, masak sendiri dari bahan-bahan organik.

9. Mengolah pernapasan

Mengolah pernapasan berarti mengatur cara dan frekuensi bernapas agar lebih efisien. Dengan menghirup udara (oksigen) perlahan-lahan selama 15 detik kemudian melepaskannya kembali pelan-pelan juga dalam hitungan 15 detik, kita bisa menahan oksigen dalam badan lebih lama daripada biasanya.

Dengan latihan teratur maka 0rgan tubuh akan menyesuaikan diri dengan ketersediaan oksigen yang kelihatannya sedikit namun sangat efektif. Sebab, dengan oksigen sedikit, tetapi toh sudah efektif itu, tubuh tidak kebanjiran hasil pernapasan berupa CO2 banyak-banyak, lakukan olah pernapasan ini secara teratur setiap hari.

10. Menggemari bacaan kesehatan

Ungkapan “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta” sangat pas untuk menyindir orang yang ingin tubuhnya sehat, tetapi tidak mau bersusah payah mendekati bacaan tentang kesehatan. Kalau dekat, kita akan tahu seluk-beluk kesehatan itu lebih baik, dan kemudian dapat memakainya untuk menyusun siasat menghindari gangguan penyakit. Bacalah artikel kesehatan seperti ini untuk menambah wawasan anda tentang kesehatan dan model-model cara menganalisa penyakit sendiri bila menghidap penyakit tertentu dan cara menanganinya. Hanya butuh 10 menit kok untuk membaca dan anda tidak harus rugi energi untuk membaca.

Semoga tips diatas dapat berguna untuk kita semua dalam meningkatkan kesehatan kita. Kenali diri dan kekurangan lalu perbaikilah segera. Jangan sampai berlarut-larut karena justru ini akan memberikan anda malapetaka. Kesehatan itu mahal harganya jadi berusahalah untuk bisa lebih sehat dari sebelumnya.

0   komentar

Cancel Reply

Flag Counter

what is my ip address?
Auto Backlink Gratis : Top Link Indo

RECENT POST